Rabu, 07 Maret 2018

Awas, Hati-hati dalam Membangun Rumah!


Siapa sih yang tidak mau memiliki hunian pribadi? Semua orang berlomba-lomba untuk mewujudkannya menjadi nyata. Namun karena harganya yang kadang hanya bisa dipenuhi oleh kalangan tertentu saja membuat kesempatan ini menjadi terbatas. Bagi kalian yang sudah mempunyai kesempatan tersebut ada baiknya pertibangkan beberapa hal ini sebelum mulai membangun rumah.

Besaran dana
Uang merupakan kunci dalam hal ini. Jumlah budget ini nantinya akan menentukan akan menjadi seperti apa bangunan yang di bangun nanti. Anggaran yang sudah ditentukan akan mengurangi pengeluaran yang tidak terduga ketika proses pembangunan berlangsung. Banyak orang yang mengalami pembengkakan biaya ketika membangun tidak sesuai konsep. Satu hal lagi dalam membangun rumah. Jangan pernah memaksakan nafsu yang tidak sesuai ketika membangun bangunan apalagi sampai berhutang. Karena memaksakan kehendak membangun dengan berhutang hanya akan menambah beban di masa depan.

Design
Rumah merupakan hunian yang nantinya akan digunakan dalam durasi lama, dan rumahpun bisa dijadikan investasi jangka panjang mengingat sifat dari nilai properti yang akan selalu naik setiap tahunnya. Jika tidak memiliki kemampuan dalam mendesign rumah, ada baiknya gunakanlah jasa orang yang kompeten dibidangnya. Jangan sampai hunian yang dibangun sendiri nantinya menjadi amburadul hanya karena kita yang tidak paham konsep membangun memaksakan diri untuk mendesign sendiri.

Tenaga kerja
Langkah selanjutnya yang harus disiapkan sebelum membangun rumah adalah tenaga mandor beserta tukang bangunannya. Menggunakan jasa mandor dengan tukang bangunannya akan lebih bersahabat dalam hal dana ketimbang langsung mempercayakan kepada developer. Mintalah saran dari orang kepercayaan dalam memilih tenaga kerja ketika membangun nanti. Tentukan pula nantinya system penggajihannya, entah itu borongan atau harian.

Tentukan material
Bahan material tentunya berkaitan erat dengan poin pertama tadi, yakni dana. Sesuaikan material yang akan disematkan pada rumah anda nantinya dengan keuangan anda. Disamping itu, menentukan material juga tidak bisa sembarangan lho. Karena setiap jenis material memiliki karakter yang berbeda-beda pula dalam pengerjaannya.

Tentukan tempat penyedia material
Mintalah saran kepada mandor nantinya dimana tempat rekomended dalam membeli bahan bangunan. Biasanya mandor akan merekomendasikan tempat yang sudah menjadi kepercayaan si mandor tersebut. Pertimbangkan pula dimana lokasi toko bangunan tersebut. Karena semakin jauh toko bangunan tersebut biaya pengantarannya akan semakin membengkak pula. Kesimpulannya pilihlah toko banguan terdekat yang direkomendasikan oleh mandor dalam penyupalai material nantinya.

Poin lain dari penyuplai material adalah memastikan distribusi bahan nantinya tidak akan terganggu ketika proses pembangunan berjalan. Keterlambatan pengiriman material akan merugikan banyak pihak, terlebih yang membangun rumah.

Waktu pelaksanaan
Sama hal nya dengan pengaturan sebuah acara, membangun sebuah rumahpun perlu yang namanya ketentuan waktu. Keterlambatan waktu nantinya akan berakibat panjang, mulai dari membengkaknya biaya produksi, sampai dengan munculnya ketidak puasan konsumen.

Ijin bangunan
Langkah terakhir adalah jangan melupakan ijin mendirikan banguan. Meskipun tanah tempat pembangunan tersebut adalah sah secara hukum milik pribadi, namun ijin mendirikan bangunan merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh dibiarkan. Pasal 35 ayat 4 UUGB merupakan pasal yang mengatur hal ini.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah. Bagi kalian yang ingin membangun rumah, semoga semuanya berjalan dengan lancar sampai pada finishing yang memberikan kepuasan bagi kalian.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 elmesawy. All rights resevered. Powered By Blogger