Selasa, 13 Februari 2018

Pimpinan dunia yang merakyat


Presiden merupakan seorang kepalla negara yang memiliki dan tanggung jawab penuh terhadap rakyatnya. Dibalik tugas mulia untuk menyejahterakan rakyatnya, kehidupan serba mewah biasanya tidak jauh dari pola hidup mereka. Namun tidak semua pemimpin negara berprilaku seperti itu, karena banyak juga sosok pemimpian negara yang sangat menginspirasi dari cara hidupnya. Penasaran siapa saja mereka yang memimpin negara namun memilki gaya hidup sederhana? berikut adalah mereka yang disebut malaikat tak bersayap.
Nelson Mandela
Siapa yang tidak kenal sosok fenomenal dari afrika ini? Presiden yang berhasil membawa afrika selatan keluar dari jeratan kolonialisme ini merupakan sosok termashur seoantero dunia. Ketenarannya tersebut tidak menjadikannya menjadi manusia yang tamak namun malah merakyat. Hal ini terbukti dari tempat tinggalnya yang tidak ada beda dengan masyarakat pada umumnya, selain itu, ketika afrika selatan mendapatkan warisan utang rejim lama, alih-alih menyuruh rakyatnya agar bekerja lebih giat, Presiden Nelson Mandela malah memotong gaji dia dan wakilnya  untuk mengatasi krisis tersebut.

Pepe
Pepe pemain sepakbola dari portugal yang kini bermain untuk klub Besiktas itu kah yang dimaksud? Bukan. Pepe yang dimaksud disini adalah mantan presiden dari negara Uruguay dengan nama Jose Pepe Mujica. Kesederhanaan beliau tercermin dari tempat tinggalnya yang hanya bertempatkan di pinggiran kota Montevideo. Beliau semasa masa baktinya menyumbangkan 90% Dari gajinya untuk rakyat. Sampai pada 2010, kekayaan pribadinya tidak lebih dari 1800 dollar, atau tidak lebih dari Rp.18.000.000.- sungguh nilai yang mengejutkan bukan untuk ukuran kepala negara.

Hugo Chaves
Sosok inspiratif lainnya yang hidup sederhana datang dari pemimpin Venzuela bernama Hugo Chaves. Beliau adalah mantan presiden Venezuela yang mendedikasikan semasa hidupnya dalam memberdayakan kaum miskin. Sebagian besar dari gajinya di berdayakan untuk rakyatnya. Pencapaian inspiratif beliau yang legendaris adalah memberantas kemiskinan, membebaskan rakyatnya dari buta huruf, serta menciptakan toko sembako murah di Venezuela.

Ahmadinejad
Sosok pemimpin dibalik dari majunya negara Iran sekarang adalah beliau, Ahmadinejad. Beliau adalah pemimpin yang menghilangkan batasan antara presiden dan rakyatnya. Beliau bahkan tidur pulas hanya dengan beralasakan sehelai karpet biasa. Selain itu, beliaupun menolak diistimewakan dari orang lainnya dengan menolak tawaran untuk duduk di kursi VIP kepresidenan.

Joyce Banda
Beliau merupakan sosok inspiratif lainnya yang datang dari Malawi. Sebagai sosok presiden pertama dari Malawi, tindakan pertama beliau adalah menjual jet presiden dan 60 limusin kepresidenan untuk menghemat pengeluaran negara. Beliau yang ditawarkan dengan kemudahan malah memilih untuk tetap menjadi sederhana.

Jokowi Widodo
Tidak absah memang jika tidak menyebut beliau kedalam golongan elite, namun memilih untuk merakyat. 200juta penduduk indonesia tentunya memiliki pandangan yang berbeda satu sama lain. Banyak yang menghujat dan mencela, namun lebih banyak pula yang memuji. Yang terbaru tentunya adalah pengacungan kartu kuning ketika beliau ketika berkunjung ke Universitas Indonesia sebagai tamu dalam acara disnatalis. Namun respon apa yang beliau lancarkan? Bukannya pembelaan atau ancaman, namun beliau lebih memilih menjawab dengan santai seakan tidak terjadi apapun. pola hidup anak dan istri beliau pun jauh dari kata mewah. 

Demikianlah beberapa tokoh dunia yang ditawarkan kemewahan dunia, namun memilih untuk menolaknya demi rakyatnya, serta masih banyak lagi dari mereka yang belum bisa disebutkan satu persatu  Semoga bisa menjadi tambahan informasi dan inspirasi dalam menjalani hidup.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 elmesawy. All rights resevered. Powered By Blogger