Langsung ke konten utama

Kendala Dalam Menulis Skripsi Beserta Penanggulangannya



Skripsi merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa yang ingin menamatkan pendidikannya. Skripsi hanya berisi 5 bab yang diawali dengan bab 1 sebagai pembuakaan, dan diakhiri oleh bab 5 sebagai penutupnya. Cuman 5 bab. Iya cuman 5 bab, namun kebanyakan mahasiswa menemui berbagai macam masalah dalam menyelesaikannya. Berikut adalah beberapa masalah umum yang biasa ditemui oleh mahasiswa dalam mengerjakan skripsi beserta penanggulangannya.

Bingung mau menulis apa
Iya, bingugn menentukan apa yang ingin ditulis adalah bagian awal dari panjang perjalanan yang bakal ditemui. Terlalu banyak ide, terlalu takut mengambil resiko akhirnya membuat skripsi tidak terkerjakan. Satu, dua bahkan sampai 3 semester tidak jarang diperlukan seorang mahasiswa dalam menyelesaikannya. 

Penyelesaian dari masalah tersebut adalah flashbacklah dari awal pertama kali masuk kuliah. Cari materi yang dianggap paling menyenangkan dan dikuasai, maka ambilah bahan tersebut sebagai bahan skripsi.

Judul Takut ditolak
Hal yang wajar dalam menulis skripsi adalah revisi. Tidak akan pernah ada skripsi yang tanpa cela. Terkadang mengajukan judul selalu diiringi pemikiran bahwa pasti akan ditolak. Dan iya, kenyataanya judul memang akan selalu ditolak oleh dosen pembimbing.

Jangan berkecil hati, karena disetiap hal negatif selalu akan ada hal positif bagi yang mau belajar. Tidak terkecuali judul. Ajukanlah judul apa yang dianggap paling mudah dan dikuasai. Ketika dosen meggertak sedikit, maka hancurlah sudah semua rangkaiannya perencanaan penulisan. Padahal dosen yang menggertak dengan menyatakan, judul ini sudah banyak yang menulis, judul ini sudah expired, judul ini bla bla bla merupakan cara mereka untuk mengetes, sejauh mana argumen kalian akan bertahan dengan segala bantahan dari pembimbing. Pada dasarnya, judul dengan objek dan masalah sama namun berbeda waktu tidak akan menjamin akan menghasilkan temuan yang sama. Konsepnya adalah seseorang yang menulis skripsi dianggap sebagai seorang yang hijau dalam dunia penelitian. Replika diperbolehkan namun tidak dengan duplikasi. Jika mereka tetap menolak, wew secara tidak langsung mereka sudah mencoreng kekredibilan mereka sendiri dalalm penulisan karya ilmiah.

Sumber
Terlalu banyak sumber dalam menulis bukan jaminan bahwa seseorang akan mudah dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Terlalu sedikit pun akan menghambat seseorang dalam menulis skripsinya.

Cukup cari sumber yang berkaitan dengan tema penulisan. Terlalu banyak sumber akan melahirkan ide baru yang membuat penulis ragu apakah tulisannya dilanjutkan atau tidak.

Malas
Mahasiswa yang menulis skripsi normalnya adalah mahasiswa tingkat akhir yang disegani oleh adik tingkat dan juga sedang dalam puncak pertamanan, karena mereka sadar akan waktu yang tidak lama lagi akan memisahkan jika sudah lulus kelak. Atas dasar itulah akhirnya skripsi yang menjengkelkan ditinggalkan demi hal yang lebih menarik.

Penyelesaiannya adalah fikirkan bahwa bersenang-senang itu bisa kapan saja dan dimanapun. Fikirkan kembali akan ada yang dikecewakan mahasiswa yang menunda-nunda skripsinya.

Tidak mengerti apa itu skripsi
Iya, kendala yang paling utama dalam penulisan skripsi adalah mereka tidak tahu bagaimana cara menulis skripsi. Terkadang langkah yang sudah benar akhirnya terubah tanpa arahan yang jelas ketika ada sebuah argumen dari dosen pembimbing yang mempertanyakan tentan apa yang ditulis tersebut.
Penyelesaiannya adalah cari informasin sebanyak-banyaknya dari apa itu skripsi agar memiliki pegangan yang teguh. Supaya segala komentar menjatuhkan dari dosen pembimbing kalian akan tetap bisa bertahan, karena sudah mengetahui konsepnya.

Sabar
Mahasisiwa yang menyelesaikan skripsi itu bukan 100% dia yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Kebanyakan mahasiswa menjadi patah dan rapuh ketika mengalami penolakan, dan memutuskan untuk menunda dan menunda skripsinya.
Sabar dan terus kerjakan, maka hal itu merupakan modal yang cukup untuk menyelesaikannya. Tidak perduli seberapa tinggi ipk yang dimiliki mahasiswa, asalkan mereka tekun, maka mereka lah yang akan berpesta pada akhirnya.

Demikianlah beberapa masalah beserta pemecahan dari hal yang bisasanya dihadapi mahasisiwa dalam menulis skripsi. Jangan menyerah. Karena pada dasarnya skripsi bukan menentukan apakah itu benar apa salah, melainkan melatih mental agar sudah siap ketika terjun ke masyarakat kelak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejuta Kebaikan Push Up

Push up adalah kegiatan olahraga dimana gerakan badan menghadap lantai, dengan dorongan tangan dan lengan sebagai tumpuannya. Push up merupakan olahraga murah, mudah dan bisa dilakukan dimanapun serta kapanpun. Push up biasanya dilakukan pagi atau siang hari. Karena kemudahan dalam melakukannya, push up banyak dimasukkan dalam program latihan setiap hari. Ternyata selain membentuk tubuh, push up juga memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Berikut adalah manfaat lain dari push up 1. Membentuk Otot Tubuh Saat melakukan push up, beberapa otot tubuh pada bagian bahu depan, dada dan lengan yang bekerja sangat kuat. Gerakan push up dilakukan secara rutin, maka otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut akan terlatih. Pada bagian bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian  dada saat badan melakukan gerakan naik dan turun. Selain itu, bagian lengan belakang yang banyak memiliki serabut …

Fungsi Jari Kaki

Salah satu hal yang menyakitkan dalam hidup manusia adalah terpelatuknya jari kelingking kaki kepada benda mati seperti meja dan kursi yang rasanya amat menyakitkan.  Jari kaki merupakan bagian tubuh terbawah sesudah telapak kaki. Setiap manusia dianugrahi dengan 5 pasang jari kaki. Jari kaki memiliki kesamaan awalan nama dengan jari tangan. Apakah mereka jika dibandingkan satu sama lain akan menghasilkan fungsi yang sama atau berbeda? Secara umum jari jari kaki memliki fungsi sebagai anggota bantu kaki dalam berjalan, berlari, dan berdiri. Tahu kah kalian fungsi lain yang bisa diketahui dari ke-10 jari kaki manusia.

Keseimbangan Fungsi yang pertama adalah keseimbangan, jadi ketika anda sedang berlari atau berusaha berhenti berlari, secara tidak sadar anda menggunakan fungsi dari jari kaki. Cobalah pikirkan jika tidak ada jari kaki, maka bisa dipastikan anda jatuh. Contoh lain adalah ketika anda tersandung, tentu saja reflek anda adalah menjaga keseimbangan bukan? Ketika anda hendak ja…

Penyebab Panas Dalam Dan Penyembuhannya